Sosialisasi Program Bantuan Pangan Non Tunai Digelar
Jum`at, 29 Juni 2018

Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Sosial Kota Bima menggelar Sosialisasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aula Kantor Walikota Bima, Jum’at, 29 Juni 2018. Sosialisasi dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima Drs. M. Farid, M. Si, diikuti 60 peserta yang terdiri atas unsur camat dan lurah se-Kota Bima dan pendamping BNPT.

Menurut laporan Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Sunarti, S. Sos bahwa sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan mengenai kebijakan dan program BPNT yang akan diberlakukan sejak tanggal 1 Agustus 2018 mendatang, sekaligus memberikan informasi tentang mekanisme pengaduan program BNPT. “Dengan demikian penyaluran beras Rastra berakhir pada bulan Juli 2018”. Katanya.

Narasumber berasal dari Bank BRI cabang Bima, Bappeda Kota Bima dan Dinas Sosial Kota Bima.

Sementara itu, Asisten I dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bantuan pangan Non Tunai adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-warong kube PKH atau pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

“Tujuan bantuan ini untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu”. Kata Asisten 1

Pelaksanaan program ini diharapkan bisa memberikan beberapa manfaat, di antaranya: (1) meningkatkan ketahanan pangan pada tingkat kpm, (2) meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi, (3) meningkatkan efisiensi penyaluran bantuan sosial, serta (4) meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan.

Selain itu, dijelaskann Asisten 1 bahwa dalam pelaksanaan program ini, ada beberapa prinsip yang harus dijadikan pegangan, antara lain: (1) kemudahan akses jasa keuangan bagi kpm; serta (2) kejelasan informasi tentang pilihan dan kendali tentang kapan, berapa, jenis, dan kualitas bahan pangan yang bisa diakses keluarga penerima manfaat.

“Ini semua bisa tercapai melalui kegiatan sosialisasi yang intensif kepada para penerima manfaat maupun petugas pelaksana di lapangan. Semoga sosialisasi ini dapat semakin meningkatkan wawasan dan pemahaman kita bersama, khususnya terkait program Bantuan Pangan Non Tunai”. Ucapnya.

Menutup sambutannya, Asisten 1 menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Kota Bima yang telah berpartisipasi dalam Pilkada serentak tanggal 27 juni kemarin. “Alhamdulillah, event besar tersebut dapat terlaksana dengan aman dan tertib. Kini saatnya kita kembali mempererat persaudaraan dan bersama-sama mendukung siapapun pemenang yang akan ditetapkan oleh KPU nantinya sebagai hasil pilihan rakyat”. Tutupnya.

 

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima