DAFTAR NAMA CALON PEGAWAI KONTRAK (NON PNS) YANG DINYATAKAN LULUS SELEKSI TEST TULIS/PRAKTEK DAN WAWANCARA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA BIMA TAHUN ANGGARAN 2018 Pengumuman Selengkapnya
Plt. Sekda Buka Lomba Cipta Menu B2SA
Senin, 9 April 2018

Plt. Sekda Buka Lomba Cipta Menu B2SA

Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bima ke-16 Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat Kota Bima tahun 2018. Lomba dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Bima pada hari Selasa (03/04). Acara dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah Kota Bima Dr Ir H Syamsuddin MS. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina M Qurais, Asisten Pemerintahan dan Kesos Setda Kota Bima Drs M Farid Msi, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah Kota Bima beserta Camat/Lurah se-Kota Bima.

Menurut laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Ir. Syamsuddin, tujuan pelaksanaan lomba ini adalah: (1) Meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA; (2) Meningkatkan kreativitas anggota keluarga dalam memilih, menyusun, dan mengkonsumsi menu B2SA; (3) Meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengolah sumber pangan yang beragam.

Peserta lomba terdiri atas Tim Penggerak PKK seluruh kelurahan se-Kota Bima, kecuali Kelurahan Dodu, Kumbe dan Penatoi yang tidak mengirimkan wakilnya.

Tim penilai terdiri atas satu orang ahli gizi Hj Asni SKM, satu orang ahli Kuliner Ny Hj Mulyani Goemono, dua orang unsur PKK yakni Juriyatni Sp dan Halimah M Amin, dan dari Dinas Ketahanan Pangan Ir Sri Laily Nurhayati.

Adapun kriteria dalam penilaian Lomba B2SA kali ini yakni (1) kreativitas pengembangan resep masakan; (2) penampilan dan keamanan pangan; (30 Cita Rasa (Rasa, Bau dan tekstur); (4) Keseimbangan Menu; dan (5) Keragaman jenis bahan pangan. Biaya penyelenggaraan berasal dari DPA Dinas ketahanan Pangan Kota Bima Tahun Anggaran 2018.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kota Bima menyampaikan hal yang menjadi tantangan kita saat ini adalah bagaimana melakukan diversifikasi (penganekaragaman) makanan olahan yang berasal dari bahan pangan non beras itu tetapi tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang. Diberikannya apresiasi dan penghargaan setinggi-tinginya kepada Dinas Ketahanan Pangan yang telah memprakarsai salah satu upaya Pemerintah Daerah melakukan penganekaragaman jenis makanan yang bersumber dari bahan pangan lokal non beras dan non terigu.

Sementara itu, Walikota Bima dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Sekretaris Daerah Kota Bima menyampaikan apresiasinya kepada Tim Penggerak PKK terus berupaya sekuat tenaga mendorong peningkatan kualitas konsumsi pangan kepada masyarakat Kota Bima, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan dalam bentuk Lomba B2SA.

“Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) merupakan salah satu wujud kepedulian kaum ibu dalam upaya meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. Tentunya diharapkan menu hasil lomba ini akan dapat diaplikasikan secara permanen dan massal pada seluruh masyarakat di wilayah Kota Bima”, jelas Plt Sekda.

Diakhir acara dipesannya agar Lomba semacam ini tidak hanya bersifat seremonial belaka tetapi juga kreasi menu B2SA yang telah disajikan ini dapat menjadi ciri khas masakan Kota Bima sehingga menjadi daya tarik bagi pendatang luar daerah.

Diharapkannya pula agar Dinas terkait seperti Koperindag dan Dinas Sosial dapat mewadahi ibu-ibu PKK untuk menjual produk makanan berbahan lokal ini, sehingga mudah didapat dipasaran.

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima