DAFTAR NAMA CALON PEGAWAI KONTRAK (NON PNS) YANG DINYATAKAN LULUS SELEKSI TEST TULIS/PRAKTEK DAN WAWANCARA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA BIMA TAHUN ANGGARAN 2018 Pengumuman Selengkapnya
Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2017; “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”
Senin, 27 November 2017

Ribuan guru dan ASN lingkup Pemerintah Kota Bima serta para pelajar mengikuti jalannya Upacara Peringatan Guru Nasional Tahun 2017 Tingkat Kota Bima yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Bima pada Senin, 27 November 2017. Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, bertindak selaku inspektur upacara dengan komandan upacara adalah Syamsudin Ali (Guru SMA Muhammadiyah Kota Bima) dan perwira upacara Ikbal Tanjung (Guru SDN 29 Kota Bima).

Penanggung jawab pelaksanaan upacara adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, pembaca doa H. A. Latief, S.Pd, (Kepala SDN 02 Kota Bima) dan pembaca teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah Jumadil Akbar, S.Pd, dari SMPN 1 Kota Bima. Pengibar bendera dari SMAN 1 Kota Bima, diiringi Korps Musik Marching Band Gita Bahana Maja Labo Dahu serta paduan suara dari SMPN 1 Kota Bima.

Hadir dalam Upacara ini, Walikota Bima M. Qurais H. Abidin, ketiga pimpinan DPRD Kota Bima yakni Ketua DPRD Fery Sofiyan, SH, Wakil Ketua Sudirman DJ, SH, dan Wakil Ketua Alfian Indra Wirawan, SH, unsur Forum Koordinasi Pimpinanan Daerah (FKPD) Kota Bima, sejumlah anggota DPRD Kota Bima, perwakilan BUMN/BUMD, Ketua PGRI Kota Bima, Ketua IGI Kota Bima, tokoh pendidikan, Dewan Pendidikan, para Pengawas Sekolah, para Kepala Sekolah, perwakilan organisasi wanita, tokoh agama/tokoh masyarakat, dan para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima serta Camat dan Lurah.

Sebelum upacara dimulai, undangan menikmati penampilan Marching Band Gita Bahana SDN 21 Kota Bima yang meraih juara umum Lomba Marching Band Tingkat Provinsi NTB dan senam PGRI oleh para guru SMPN 1 Kota Bima.

Upacara berlangsung khidmat dan lancar. Wakil Walikota membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

Dalam amanat Mendikbud, semua guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan diminta agar menyatukan tekad untuk bersama bekerja keras mewujudkan dunia pendidikan yang berkemajuan melalui keteladanan sesuai dengan tema Hari Guru tahun ini yakni “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”.

Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan diharapkan memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga.

Disamping itu, guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelola kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental. Urgensi penguatan karakter ini semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi pada masa-masa yang akan datang.

Untuk itu guru harus dapat berperan sebagai “The Significant Other” bagi peserta didik. Guru harus menjadi sumber keteladanan.

Bagi pemerintah, peringatan Hari Guru juga menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan karena bagaimanapun harus diakui bahwa masih banyak persoalan guru yang belum sepenuhnya teratasi. Oleh sebab itu, kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan guru lebih kompeten, profesional, terlindungi dan pada gilirannnya lebih sejahtera, mulia dan bermartabat. Pemerintah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah ikut membantu meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru.

 

 

Penyerahan Hadiah

Usai pelaksanaan upacara, Wakil Walikota bersama anggota FKPD Kota Bima dan Ketua PGRI serta IGI, menyerahkan hadiah kepada pemenang berbagai lomba diantaranya Lomba Seni Budaya Pelajar Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Kota Bima Tahun 2017.

Lomba Seni Budaya Pelajar terbagi menjadi 4 kategori yakni Tari Tradisional tingkat SD/MI dengan Juara I diraih oleh SDN 05 Kota Bima, Tari Tradisional tingkat SMP/MTs Juara I diraih oleh SMPN 01 Kota Bima, Vocal Grup SMP/MTs Juara I diraih oleh SMPN 01 Kota Bima, dan Nasyid tingkat SD/MI Juara I diraih oleh SDN 11 Kota Bima.

Selain itu, diberikan hadiah kepada juara Lomba Foto Cagar Budaya dengan tema “Tua Yang Berharga” Tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK Kota Bima Tahun 2017 yang berhasil dimenangkan oleh Muhammad Sarjan dari SMPN 11 Kota Bima, Juara II M Haikal dari SMPN 1 Kota Bima, dan Juara III Nurfida dari SMPN 11 Kota Bima.

Pada kesempatan tersebut diumumkan pula hasil pertandingan sepak bola dalam rangka HUT Korpri ke-46 Tahun 2017 yang berhasil dimenangkan oleh Tim Dinas Kesehatan Gabungan Kota Bima. Posisi kedua diraih oleh Tim SMPN Gabungan Kota Bima, Juara III Tim Pol PP Kota Bima dan Juara IV Tim SMKN 3 Kota Bima.

Pemain terbaik diraih oleh Drs. H. Ramli Hakim, M.Si, (Inspektur Kota Bima), Tim Fair Play diraih Dinas Kesehatan Gabungan Kota Bima dan pencetak gol terbanyak diraih oleh Ardi Firmansyah (Tim Pol PP Kota Bima) yang berhasil mengumpulkan sebanyak 11 gol.***

 

(Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima

Syarial Nuryadin, S.IP, MM,.)

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima