Staf Ahli Walikota Buka Seminar Hasil Penelitan Komoditas Unggulan di Provinsi NTB
Kamis, 24 Mei 2018

Bertempat di Aula Hotel Marina, Rabu, 23 Mei 2018, Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB menggelar seminar hasil Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi NTB Tahun 2017.

Seminar hasil penelitian dibuka oleh Staf Ahli Walikota Bima Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. M. Saleh Yasin, diikuti oleh 50 peserta terdiri atas pimpinan organisasi perangkat daerah terkait dan pimpinan cabang perbankan di 3 (tiga) kabupaten/ kota yaitu Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

Staf ahli walikota dalam sambutannya menyampiakan apresiasi kepada perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB yang telah menyelenggarakan kegiatan penelitian pengembangan komoditas/produk/jenis usaha unggulan UMKM tahun 2017.

Penelitian ini sangat bermanfaat bagi pengembangan daerah karena bisa lebih mengenal dan memahami profil daerah, profil UMKM serta kebijakan pemerintah pusat dan daerah terkait dengan pengembangan UMKM dan peranan perbankan dalam pengembangan UMKM. Selain itu, memberikan informasi tentang KPJU unggulan yang perlu dikembangkan di kabupaten/kota dalam rangka pembangunan daerah dan menciptakan lapangan kerja, serta memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dalam rangka pengembangan KPJU unggulan.

“Hasil penelitian Bank Indonesia ini bisa menjadi acuan pemerintah daerah dalam perencanaan pembangunan, khususnya terkait pengembangan UMKM maupun peningkatan peran berbagi instansi atau lembaga yang terlibat di dalamnya”. Kata staf ahli.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Wahyu Ari Wibowo mengatakan bahwa kegiatan seminar hasil penelitian tersebut digelar sebagai salah satu tugas Bank Indonesia untuk menjaga ketahanan ekonomi daerah dengan memberikan rekomendasi hasil penelitian mengenai komoditas/produk/jenis usaha unggulan di kabupaten/kota yang ada di NTB sebagai bahan rekomendasi bagi pemerintah daerah kab/kota dalam membuat kebijakan yang kongkrit dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi daerah.

Penelitian KPJU unggulan yang dilakukan merupakan hasil kerjasama dengan PT SEM institute. Hasil penelitian dipaparkan langsung oleh konsultan yang juga Direktur PT SEM Institute Karebet Wijdajakusuma. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, komoditas/produk/jenis usaha unggulan UMKM, khususnya di Kota Bima berupa Padi, Toko Pakaian, Toko Kelontong, Tenun, Industri Tahu, Toko Bangunan, Sapi, Jagung Kue Kering dan Basah.

Adapun rekomendasi hasil penelitian terkait pengembangan KPJU unggulan di Kota Bima yaitu: 1). Perlu adanya pengembangan kompetensi SDM para pelaku usaha pada aspek mindset, manajerial dan pengelolaan usaha melalui pelatihan dan pendampingan yang berkesinambungan; 2).pengembangan kelembagaan petani peternak, peningkatan usaha dan industri peternakan, optimalisasi pemanfaatan sumberdaya alam; 3).pengadaan bantuan pembuatan kandang (sapi pedaging); 4)pemberian saprodi yang memudahkan petani dalam melakukan budidaya; 5)fasilitasi alat tenun mekanik; dan 6) perluasan jaringan pemasaran.***

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima