Bagian Kesra Gelar Sosialisasi Pencegahan Zoonosis
Rabu, 10 Mei 2017

Bagian Kesra Gelar Sosialisasi Pencegahan Zoonosis

Dalam rangka mencegah dan mengurangi daerah endemis serta melindungi masyarakat dari penularan penyakit menular dan mewabah (zoonosis) di Kota Bima, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Bima menggelar sosialisasi pencegahan pemberantasan zoonosis.

Sosialisasi dilakasanakan di aula kantor Kecamatan Rasanae Timur pada Rabu, 10 Mei 2017, dibuka oleh Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Drs. M. Farid, M.Si. Hadir sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Sosialisasi diikuti oleh 50 peserta terdiri atas Camat, Lurah, kelompok tani, kelompok peternak, tokoh masyarakat dan tokoh agama lingkup Kecamatan Rasanae Timur dengan narasumber dari Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Bima Drs. H. A. Wahid melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta tentang pemberantasan penyakit menular dan wabah, selain itu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit zoonosis.

“Sosialisasi ini penting dilakukan. Tidak hanya menjadi tugas Dinas Pertanian, tetapi menjadi tanggung jawab kita semua termasuk Camat, Lurah, RT/RW serta seluruh masyarakat”, kata Kabag Kesra.

Sementara itu, Drs. M. Farid, M. Si, menyampaikan bahwa penanganan penyakit menular dan mewabah perlu disosialisasikan karena mengancam kesehatan dan kehidupan masyarakat yang secara langsung membahayakan perkembangan sosial dan ekonomi.

Oleh karena itu, upaya pengendalian penyakit menular dan mewabah harus dilaksanakan secara terkoordinir dengan melibatkan berbagai pihak. “Salah satunya dengan mengintegrasikan program-program pada satuan kerja terkait dan menggandeng masyarakat umum termasuk LSM untuk meningkatkan perannya sebagai mitra Pemerintah sampai ke tingkat Kelurahan”, kata Asisten I.

Ia berharap kegiatan sosialisasi tersebut dapat bermanfaat bagi peserta dan semakin menajamkan program pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan mewabah di Kota Bima.***

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima