Tekuni Usaha Tenun Bima, Ketua TP PKK Kota Bima Raih Penghargaan Perempuan Inspiratif
Selasa, 9 Mei 2017

Tekuni Usaha Tenun Bima, Ketua TP PKK Kota Bima Raih Penghargaan Perempuan Inspiratif

Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina meraih penghargaan “12 Perempuan lnspratif” dari organisasi Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI). Penghargaan ini diterimanya saat acara perayaan Hari Jadi PPLIPI, di Jakarta, pada Senin malam, 8 Mei 2017.

Selain sebagai Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina juga merupakan Ketua PPLIPI Kota Bima yang juga pengusaha kain tenun Bima. Melalui berbagai organisasi yang ditekuninya, ia melakukan pembinaan terhadap para pelaku UKM di Kota Bima, khususnya para penenun.

“Selain para perajin yang mengandalkan tenunan sebagai mata pencarian utama, banyak juga perempuan di Kota Bima yang menenun hanya sebagai hiburan, yaitu saat mereka tidak melakukan kegiatan bercocok tanam. Kita memberi bantuan modal, mengajak, serta memberi peluang dan membuka jalur pemasaran bagi mereka”, katanya.

Melalui organisasinya, ia melakukan pendampingan hingga kemudian mereka menjadi semakin kreatif mengembangkan usaha tenunnya. “Padahal pada awalnya mereka hanya menenun sebagai kegiatan hiburan. Dengan ini, kita bisa mengangkat kembali kekayaan daerah”, ujar Hj. Yani Marlina.

Yang membanggakan adalah, pemasaran hasil kreasi UKM tenunan khas Bima dalam hal ini pemasarannya sudah sampai di negara Italia tepatnya Kota Milan.

Tenunan Bima diikutsertakan dalam kegiatan pameran serta fashion show khusus busana Indonesia yang digelar di Kota Milan, Italia, pada tanggal 16-19 Mei 2017 mendatang. Acara ini digagas oleh para alumni mahasiswa serta pelajar Indonesia di Italia, yang dimotori oleh Intra Eouropa Event, Education dan Comunication.

Acara yang bertajuk "Indonesian Tradisional Textile and Accesories Festival Milano 2017" ini juga melibatkan beberapa desainer dan pelaku usaha fashion Indonesia dari berbagai daerah, seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan, Palembang dan Kota Bima Nusa Tenggara Barat.

“Kedepannya kami ingin meningkatkan kualitas produk. Kalau bisa, lebih banyak belajar dari Songket Palembang, karena jenis benangnya berkualitas bagus makanya harga juga lebih mahal.
Kami berupaya melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk, serta bekerjasama dengan Dinas Koperindag dan Bank BRI untuk mengembangkan jalur pemasaran dan akses permodalan”, katanya.***

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima