Kantor Walikota Bima Selengkapnya
PROFIL DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KOTA BIMA
Rabu, 19 April 2017

PROFIL DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KOTA BIMA

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Tuhan yang maha esa yang telah menciptakan alam semesta ini dengan segala isinya, karena atas petunjuk, bimbingan serta limpahan taufik dan hidayahnya kami dapat menyusun data profil  Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima tahun 2017.

Data Profil Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima ini disusun untuk memberikan informasi lengkap tentang Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima Kota Bima dan juga sebagaimasukan bagi pimpinan daerah dalam rangka pengambilan keputusan guna pengembangan program dan kegiatan perpustakaan serta kearsipan Daerah Kota Bima.

Saran dan kritik dari semua pihak sungguh sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan profil  Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima pada masa yang akan datang.

Kota Bima,     Maret  2017

Plt. Kepala Dinas,

Dra. Hj. SRI RATNAWATI, MH

Pembina Tk.I (IV.b)

NIP. 19610407 198503 2 011

  1. I.             PROFIL SINGKAT KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH
  1. Nama Lengkap                  :Dra. Hj. Sri Ratnawati, MH
  2. Tempat Tanggal Lahir        : Bima, 07 April 1961
  3. JenisKelamin                     : Perempuan
  4. Agama                             : Islam
    1. Alamat Tempat Tinggal                  : Jl. Kartini Lingk. Kerajaan Paruga Kota Bima
      1. Status Perkawinan              : Kawin
      2. Nama Suami                      : Drs. H. Ramli Hakim, M.Si
      3. No. HP                               : 0853 3893 0431
  1. Nama Anak                       :

1) M. Julham Rinaldi, S.Pt

2) Riska Rahmawati, S.I.P

3) Rakhmad  Ramadhan

4) Riski Rahardiansyah

9. Pekerjaan/Jabatan               : Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima

 a. Periode                              : 2010-2016

b. Diangkatdengan SK              : SK Walikota

Pekerjaan/ Jabatan                  : Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima

a. Periode                               : 2017-Sekarang

b. Diangkat dengan SK             : SK Walikota Bima

10. RiwayatPendidikan              :

  1. Pendidikan Formal

1) D3 IPDN

2) S1 Universitas Mataram Fakultas

3) S2 Universitas Mataram Fakultas Hukum

b. Kursus/Pelatihan         :

1) Diklat SPADA

2) ADUMLA

3) SPAMA/PIM 3

4) Diklat Revolusi Mental

11. PengalamanOrganisasi     :

a. Ketua Organisasi Wanita Kosgoro Kota Bima

b. Ketua Organisasi Persatuan Watina Olahraga (PERWOSI) Kota Bima

c. Wakil Ketua GOW Kota Bima

d. Wakil Ketua PKK Kota Bima

12. Riwayat Pekerjaan           : PNS

  1. II.    SEJARAH SINGKAT DINAS  PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KOTA BIMA DAN DASAR HUKUM PEMBENTUKAN

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dengan Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 5 Tahun 2016, mengantikan Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 04 Tahun 2008 terbentuknya Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bima  yang merupakan salah satu lembaga Teknis Daerah memiliki tugas dan fungsi yakni melakukan pelayanan, pengembangan perpustakaan dan melaksanakan penataan, pengelolaan, penyimpanan, pemeliharaan, pelestarian koleksi bahan pustaka dan Arsip Daerah Kota Bima serta mempersiapkan bahan perumusan kebijakan  pembinaan dan pengembangan di bidang Perpustakaan dan Arsip.

Sejak terbentuknya Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima sampai dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah  sudah beberapa kali pergantian kepala kantor, nama-nama kepala kantor tersebut sebagaimana tertera dalam tabel berikut :

NO

WAKTU MENJABAT

NAMA KEPALA

LOKASI KANTOR

1

Awal pembentukan kantor Arsip dan Perpustakaan Tahun 2008 s.d bulan Agustus Tahun 2010

Mariamah, SH

  • Sekretariat Daerah Kota  Jl. Soekarno-Hatta Raba Kec. Raba Kota Bima
  • Jln. Soekarno-Hatta Kel. Paruga Kota Bima

2

Bulan September Tahun 2010 s.d Bulan Mei Tahun 2011

Drs. H. Sudirman    H. Adam, M.Ap

Jl. Sukun III Nomor 07 Karara  Kelurahan Monggonao Kota Bima

3

Bulan Juni Tahun 2011 s.d 2016

Dra. Hj. Sri Ratnawati, MH

Jl. Sukun III Nomor 07 Karara  Kelurahan Monggonao Kota Bima

4

Bulan Januari 2017 sampai sekarang

Plt. Kepala Dinas Dra. Hj. Sri Ratnawati, MH

Jl. Sukun III Nomor 07 Karara  Kelurahan Monggonao Kota Bima

III. ALAMAT DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH

JL. SUKUN III No. 7 KARARA, KELURAHAN MONGGONAO, KECAMATAN MPUNDA KOTA BIMA-NTB

KODEPOS           : 84111

EMAIL     : arpus.kobi@yahoo.com

NOMOR TELEPON        : 0374-6648504

NOMOR FAX                  : 0374-66485

 IV.    VISI  DAN MISI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH

VISI :

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT KOTA BIMA YANG CERDAS DAN BERBUDI PEKERTI LUHUR DAN AMANAH MELALUI PENINGKATAN MINAT BACA DAN PENATAAN ARSI YANG BAIK SEBAGAI WAHANA PENGUASAAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DENGAN MEMBERIKAN LAYANAN YANG INOVATIF, BERORIENTASI KEPADA KEPUASAN PENGGUNA”

MISI :

Untuk mewujudkan visi yang telah dirumuskan di atas, maka harus diimplementasikan melalui langkah-langkah konkrit agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik yang terangkum dalam misi.

Dari Visi tersebut Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah  Kota Bima mempunyai Misi sebagai berikut :

  1. Menjadikan mitra profesional bagi masyarakat dengan berperan sebagai pendamping proses belajar mandiri,
  2. Menjadi pusat akses informasi bagi masyarakat global,
  3. Ikut membentuk masyarakat belajar,
  4. Mengumpulkan, mengolah semua arsip aktif dan inaktif yang ada di lingkungan pemerintah Kota Bima.
  1. V.       SASARAN PELAYANAN
    1. Sasaran Pelayanan Bidang Perpustakaan :
      1. Meningkatnya minat baca masyarakat Kota Bima
      2. Meningkatnya pengunjung perpustakaan
      3. Sasaran Pelayanan Bidang Kearsipan
        1. Pembinaan langsung tata kelola arsip di SKPD, ORMAS, ORPOL dan Masyarakat
        2. Tata kelola arsip secara baku

VI. PROGRAM UNGGULAN

  1. Program unggulan bidang Perpustakaan sinergi dengan program Nasional yaitu Kota Bima gemar membaca melalui program kegiatan pembudayaan kegemaran membaca dan pengembangan perpustakaan melalui :
    1. Pelayanan perpustakaan yang dilakukan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang inovatif dengan menggunakan bantuan teknologi informasi dengan nama INLIS LITE dan kegiatan layanan informasi e pustaka (digitalisasi) Perpustakaan
    2. Pelayanan perpustakaan keliling dilakukan di sekolah-sekolah dan tempat rekreasi/umum
    3. Melaksanakan lomba-lomba (Lomba menggambar/mewarnai gambar bagi siswa PAUD tingkat Kota Bima, Lomba bercerita bagi Siswa SD tingkat Kota Bima sampai tingkat Nasional,  pemilihan duta baca bagi siswa SMA sederajat tingkast kota bima dengan tujuan agar meningkatkan budaya dan kegemaran membaca di kalangan masyarakat khususnya pelajar
    4. Pengembangan  Perpustakaan melalui kegiatan Bimtek perpustakaan, Pembinaan langsung dilakukan pada perpustakaan  kelurahan ,perpustakaan sekolah, rumah ibadah, dan komunitas, juga melaksanakan kegiatans osialisasi, supervise, monitoring, evaluasi dengan tujuan agar pengelolaan perpustakaan sesuai standar nasional indonesia (SNI).
    5. Program unggulan bidang kearsipan
      1. Program penyelamatan informasi dan dokumentasi arsip daerah melalui kegiatan :

1)      Akuisisi arsip statis yang tersebar di masyarakat

2)      Pengolahan Arsip aktif dan inaktif

3)      Pemeliharaan Arsip

Pemeliharaan arsip, sarana dan prasarana adalah tindakan dan prosedur yang harus dilakukan dalam rangka penyelamatan dan perlindungan arsip baik dari segi fisik maupun informasinya.

Pemeliharaan arsip harus didukung oleh 3 (tiga) unsu rmencakup :

a)      Kumpulan naskah

b)      Ada gedung penyimpanan dokumen/Naskah (DEPO ARSIP), akan tetapi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah belum memiliki depo.

c)       Organisasi atau lembaga yang mengelola

  1. Program Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan

1)      Dalam rangka memberikan pemahaman dan gerak langkah yang sama dalam kegiatan kearsipan perlu dilaksanakan kegiatan sosialisasi kearsipan, Bimtek Pengelolaan dan penataan arsip pada seluruh instansi pemerintah (SKPD), BUMN, ORMAS, ORPOL dan Masyarakat agar  tata kelola kearsipan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai kaidah kearsipan.

2)      Pengawasan Kearsipan

Sebagai Lembaga Kearsipan Daerah, melaksanakan pengawasan dan audit kearsipan pada SKPD.

VII.  MOTTO  PELAYANAN

“Pelayanannku Adalah Ibadahku”

MOTTO PERPUSTAKAAN

Dengan Membaca Kita Bisa Menjelajahi Dunia

MOTTO KEARSIPAN                 

”Menyelematkan Arsip Sebagai Memori Kolektif Bangsa”

  1. VIII.    SUSUNAN ORGANISASI

Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi

Susunan Organisasi Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima sebagaimana ditetapkan dengan Peraturan Walikota Bima Nomor 55 Tahun 2016 adalah sebagai berikut :

  1. Susunan Organisasi Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima terdiri dari :
    1. Unsur Pimpinan adalah Kepala Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah;
    2. Unsur Sekretariat terdiri dari;
      1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
      2. Sub Bagian Perencanaan;
      3. Sub Bagian Keuangan.
    3.  Bidang  Pengolahan,layanan,dan pelestarian bahan Perpustakaan, terdiri dari :
      1. Seksi Pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan
      2. Seksi layanan,otomasi dan kerja sama perpustakaan
      3. Seksi pelestarian bahan perpustakaan;
      4. Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca,terdiri dari;
        1. Seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan
        2. Seksi pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan
        3. Seksi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca
    4. Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan, terdiri dari;
  1. Seksi Pembinaan perangkat daerah
  2. Seksi pembinaan perusahaan,ormas/orpol dan masyarakat
  3. Seksi pengawasan kearsipan
  4. Bidang Pengelolaan Arsip,terdiri dari;
    1. Seksi pengelolaan arsip dinamis
    2. Seksi akuisisi pengolahan dan preservasi
    3. Seksi layanan dan pemanfaatan arsip
    4. Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari;
      1. Jabatan Fungsional Arsiparis 1 orang
      2. Jabatan Fungsional Pustakawan 1 orang
  5. IX.    TUGAS DAN FUNGSI

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 05 Tahun 2016  tentang Pembentukan Susunan, Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi Lembaga Teknis Daerah Kota Bima dan Peraturan Walikota Bima Nomor 55 Tahun 2016 tentang Kedudukan,Susunan Organisasi,Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima.

Dinas  Perpustakaan dan Arsip Daerah  Kota Bima dipimpin oleh seorang Kepala Dinas mempunyai tugas melaksanakan Urusan Peemerintahan yang Menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Daerah. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugas pokok Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan dibidang perpustakaan dan arsip
  2. Pelaksanaan kebijakan dibidang perpustakaan dan arsip
  3. Pelaksanakaan evaluasi dan pelaporan dibidang perpustakaan dan arsip;
  4. Pelaksanaan administrasi dibidang perpustakaan dan arsip
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.
  1. 1. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan organisasi dalam memfasilitasi dan memberikan pelayanan teknis serta administratif kepada seluruh unit kerja dalam lingkungan dinas.
  2. 2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat

(1), Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. Pengoordinasian penyusunan rencana dan program,penyusunan laporan dan evaluasi;
  2. Pengelolaan urusan kepegawaian,penyusunan organisasi dan tata laksana,tata usaha dan rumah tangga dilingkungan dinas;
  3. Penyelenggaraan pelayanan kehumasan
  4. Pengelolaan urusan keuangan dan barang invetaris milik/kekayaan daerah dilingkungan dinas.
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan terkait dengan tugas dan fungsinya.
  6. 3.Sekretariat membawahi;
    1. Sub bagian umum dan kepegawaian;
    2. Sub bagian perencanaan;dan
    3. Sub bagian keuangan.

Sub bagian umum dan kepegawaian:

  1. Sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas melalukan urusan persuratan,urusan tata usaha,kearsipan,urusan ASN,urusan

perlengkapan,rumah tangga dan penataan barang milik daerah/Negara

  1. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud,sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai fungsi:
    1. Penyusunan rencana dan anggaran sub baian umum dan kepegawaian;
    2. Pelaksanaan urusan rencana kebutuhan dan usulan pengembangan pegawai;
    3. Pelaksanaan urusan mutasi, tanda jasa, kenaikan pangkat, kenaikan jabatan, pemberhentian dan pensiun pegawai
      1. Pelaksanaan urusan tata usaha,kearsipan rumah tangga,keamanan dan kebersihan;
      2. Pelaksanaan penataan administrasi barang milik daerah/negara;
      3. Pelaksanaan urusan kepegawaaian,disiplin pegawai dan evaluasi kinerja pegawai;
      4. Penyusunan laporan kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian;
      5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

Sub Bagian Perencanaan

  1. Sub bagian perencanaan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana,program,dan anggaran serta pemantauan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan dibidang perpustakaan dan arsip.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud,sub bagian perencanaan mempunyai fungsi:
    1. Pelaksanaan penyusunan rencana,program dan kegiatan;
    2. Penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana program;
    3. Penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan program dibidang perpustakaan dan arsip
    4. Penyiapan bahan penyusunan dan pedoman teknis pelaksanaan kegiatan tahunan dibidang perpustakaan dan arsip
    5. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi laporan kegiatan
    6. Penyiapan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;
    7. Pelaksanaan pengelolaaan data dan kerja sama;
    8. Pelaksanaan penyusunan laporan hasil perencanaan; dan
    9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan

  1. Sub bagian keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana keuangan dibidang lingkungan hidup.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, sub bagian keuangan mempunyai fungsi:
    1. Penyusunan rencana dan anggaran sub bagian keuangan;
    2. Pelaksanaan urusan keuangan;
    3. Pelaksanaan urusan akuntansi,verivikasi keuangan;
    4. Pelaksanaan urusan perbendaharaan,pengelolaan penerimaan negara bukan pajak dan pelaporan keuangan;
    5. Penyiapan bahan dan melaksanakan evaluasi realisasi anggaran;
    6. Pelaksanaan penyusunan laporan keuangan; dan
    7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya. 

Bidang Pengolahan, layanan dan pelestarian bahan perpustakaan

  1. Bidang pengolahan, layanan,dan pelestarian bahan perpustakaan mempunyai tugas koordinasi dalam  memfasilitasi dan memberikan pelayanan teknis serta administratif bidang pengolahan, layanan, dan pelestarian bahan perpustakaan.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, bidang pengolahan,layanan, dan peletarian bahan perpustakaan mempunyai fungsi;
    1. Pelaksanaan  pengembangan  koleksi  dan pengolahan bahan pustaka meliputi penyusunan kebijakan pengembangan koleksi, seleksi, pengadaan bahan perpustakaan, inventarisasi, pengembangan  koleksi daerah (local content) pelaksanaan kajian kebutuhan pemustaka, deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subyek, penyelesaaian fisik bahan perpustakaan, verifikasi validasi, dan pemasukan data ke pangkalan data;
    2. Pelakanaan pelayanan, otomasi dan kerja sama perpustakaan meliputi layanan sirkulasi, rujukan,  literasi informasi, bimbingan pemustaka dan layanan ekstensi (Perpustakaan Keliling, Pojok Baca dan sejenisnya), promosi layanan,pelaksanaan kajian kepuasan pemustaka, pengembangan teknologi, informasi dan komunikasi perpustakaan, pengelolaan website dan jaringan perpustakaan serta pelaksaan kerja sama antar perpustakaan dan membangun jejaring perpustakaan;
    3. Pelaksanaan pelestarian bahan  perpustakaan  meliputi  konserfasi  melakukan pelestarian fisik bahan perpustakaan termasuk naskah kuno melalui perawatan, restorasi,dan penjilidan serta pembuatan sarana penyimpanan bahan perpustakaan dan ahli media melakukan pelestarian isi/nilai informasi bahan pustaka termasuk naskah kuno melalui alih  media, pemeliharaan serta penyimpanan master informasi digital;dan
    4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  1. Bidang Pengolahan, layanan, dan pelestarian bahan perpustakaan membawahi;
    1. Seksi pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan
    2. Seksi layanan,otomasi,dan kerja sama perpustakaan
    3. Seksi pelestarian bahan perpustakaan

Seksi Pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan

  1. Seksi pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang pengembangan koleksi dan pengolahan bahan perpustakaan
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud bidang pengolahan layanan,dan pelestarian bahan perpustakaan mempunyai fungsi:
    1. Penyusunan kebijakan pengembangan koleksi;
    2. Pelaksanaan hunting,seleksi,inventarisasi,dan desiderata bahan perpustakaan;
    3. Pelaksanaan pengembangan koleksi bahan perpustakaan melalui pembelian,hadiah,hibah dan tukar menukar bahan perpustakaan;
    4. Penganekaragaman bahan perpustakaan yang menyangkup kegiatan transliterasi  ( Alih Aksara), translasi (Terjemahan),dan sejenisnya
    5. Pemetaan naskah kuno dan koleksi daerah (Local Content) di wilayahnya
    6. Pengumpulan,penghimpunan,pengelolaan naskah kuno dan koleksi daerah (Local content)
    7. Penerimaan,pengolahan, dan verifikasi bahan perpustakaan;
    8. Penyusunan deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subyek, dan penyelesaian fisik bahan perpustakaan;
    9. Pelaksanaan verifikasi, validasi, pemasukan data ke pangkalan data
    10. Penyusunan literatur sekunder; dan
    11. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

Seksi layanan,otomasi,dan kerja sama perpustakaan

  1. Seksi Layanan, Otomasi, dan kerjasama perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang layanan, otomasi, dan kerjasama
  2. Untuk menyelenggarakan tugas seksi layanan, otomasi, dan kerjasama perpustakaan mempunyai fungsi :
    1. Pengoordinasian penyelenggaraan layanan perpustakaan dengan perangkat daerah, sekolah, BUMD, instansi terkait dan masayarakat.
    2. Penyelenggaraan layanan sirkulasi, layanan informasi, layanan referensi, layanan pinjam antar perpustakaan
    3. Penyelenggaraan layanan ekstensi (perpustakaan kelliling)
    4. Penyusunan statistik perpustakaan
    5. Pelaksanaan bimbingan perpustakaan
    6. Pelaksanaan stok opname dan penyiangan bahan pustaka (weeding)
    7. Pelaksanaan promosi layanan
    8. Penyediaan kotak saran untuk menampung kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan
    9. Pelaksanaan kajian pemustaka
    10. Pengelolaan dan pengembangan perangkat keras, lunak, dan pangkalan data
    11. Pengelolaan dan pengembangan jaringan otomasi perpustakaan
    12. Pengelolaan dan pengembangan website
    13. Inisiasi kerjasama perpustakaan
    14. Pengelolaan dan penyusunan naskah perjanjian kerjasama
    15. Pengembangan dan pengelolaan kerjasama jejaring perpustakaan
    16. Pengembangan dan pengelolaan kerjasama antar perpustakaan
    17. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya

Seksi Pelestarian bahan perpustakaan

  1. Seksi pelestarian bahan perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan  dan pelaksanan kebujakan di bidang pelestarian bahan perpustakaan
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana yang di maksud pada seksi pelestarian bahan perpustakaan mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanan survey kondisi bahan perpustakaan;
    2. Pelaksanaan pelestarian isi/ nilai informasi bahan perpustakaan

     dalam bentuk mikrofon maupun digital;

  1. Pelaksanaan perekaman, pencucian, penduplikasian bahan perpustaka;
  2. Penempelan identitas pada kotak mikrofilm/digital;
  3. Pemasukan data pada komputer;
  4. Pemeliharaan dan penyimpanan master reprografi, fotografi, dan digital;
  5. Pelaksanaan fumigasi bahan perpustakaan ;
  6. Pelaksanaan kontrol kondisi ruang penyimpanan;
  7. Pembersihan debu, noda, dan selotape;
  8. Pelaksanaan pemutihan, deasidifikasi, mending, dan filling bahan perpustakaan;
  9. Penjilidan dan perbaikan bahan perpustakaan;
  10. Pembuatan folder, pamflet binding dan cover;
  11. Pembuatan map dan portebel; dan
  12. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 

Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan  kegemaran membaca

  1. Bidang  pengembangan  perpustakaan dan  pembudayaan  kegemaran membaca mempunyai tugas koordinasi dalam memfasilitasi dan memberikan pelayanan teknis serta administrasi bidang pengembangan perpustakaan dan pembudayaan  kegemaran membaca.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud  Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan  kegemaran membaca mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan meliputi pengembangan  semua jenis perpustakaan  implementasi norma standar, prosedur, dan kriteria             ( NSPK), pendataan perpustakaan, koordinasi pengembangan perpustakaan, dan pemasyarakatan/sosialisasi, serta evaluasi pengembangan perpustakaan;
    2. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan meliputi Pendataan tenaga perpustakaan,  bimbingan teknis,  peningkatan  kemampuan  teknis, kepustakawanan, penilaian angka kredit pustakawan, koordinasi pengembangan pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan, pemasyarakatan/sosialisasi, serta evaluasi pembinan tenaga perpustakaan;
    3. Pelaksanaan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca meliputi pengkajian, dan pelaksanaan pembudayaan kegemaran membaca, koordinasi, pemasyarakatan/sosialisasi, dan bimbingn teknis serta evaluasi kegemaran  membaca; dan;
    4. Pelaksanaan  fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.
    5. Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca  membawahi   :
      1. Seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
      2. Seksi pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan; dan
      3. Seksi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca.

Seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan;

  1. Seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan  penyusunan bahan perumusan  dan pelaksanaan kebijakan dibidang pembinaan dan pengembangan peprustakaan
  2. Untuk menyelenggarakan tugas yang dimaksud pada Seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanaan peminaan, dan penembangan perpustakaan;
    2. Implementasi norma, standar, prosedur, dan kriterian (NSPK);
    3. Pendataan perpustakaan;
    4. Koordinasi pengembangan peprustakaan;
    5. Pemasyarakatan/sosialisasi, dan evaluasi pengembangan perpustakaan;dan
    6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya.

Seksi pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan

  1. Seksi pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan  penyusunan bahan perumusan  dan pelaksanaan kebijakan dibidang pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan
  2. Untuk menyelenggarakan tugas yang dimaksud pada Seksi pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan mempunyai fungsi :
  3. Pendataan tenaga perpustakaan;
  4. Bimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis kepustakawanan;
  5. Penilaian angka kredit pustakawan;
  6. Koordinasi pengembangan pustakawan dan tenaga teknis peprustakaan
  7. Evaluasi pembinaan tenaga peprustakaan;
  8. Pemasyarakatan/sosialisasi; dan
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya.

Seksi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca

  1. Seksi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca mempunyai tugas melaksanakan  penyusunan bahan perumusan  dan pelaksanaan kebijakan dibidang pengembangan pembudayaan kegemaran membaca
  2. Untuk menyelenggarakan tugas yang dimaksud pada Seksi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca  mempunyai fungsi :
    1. Pengkajian minat baca masyarakat;
    2. Pelaksanan pembudayaan kegemaran membaca;
    3. Pengoordinasian pemasyarakatan/sosialisasi pembudayaan pengembangan kegemaran membaca;
    4. Pemberian bimbingan teknis;
    5. Evaluasi pembudayaan kegemaran membaca;
    6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya.

Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan

  1. Bidang pembinaan dan pengawasan kearsipan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang pembinaan dan pengawasan kearsipan
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud  bidang pembianaan dan pengawasan kearsipan mempunyai fungsi :
    1.  Pengoordinasian penyelenggaraan kearsipan;
    2. Penyiapan bahan penyusunan kebutuhan dan peningkatan kapasitas SDM kearsipan
    3.  Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan kearsipan
    4. Pemberian bimbingan, supervisi dan konsultasi pelaksanaan kearsipan
    5. Pelaksanaan sosialisasi kearsipan
    6. Perencanaa, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan kearsipan
    7. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pengawasan kearsipan
    8. Pelaksanaan perencaaan program pengawasan kearsipan
    9. Pelaksanaan audit kearsipan
    10. Pelaksanaan penilaian hasil pengaawasan kearsipan
    11. Pelaksanaan monitoring hasil pengawasan kearsipan; dan
    12. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya.
  1. Bidang Pembinaan dan pengawasan kearsipan mmembawahi :
  2. Seksi pembinaan perangkat daerah
  3. Seksi pembinaan perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat; dan
  4. Seksi pengawsan kearsipan

Seksi Pembinaan  Perangkat Daerah

  1. Seksi Pembinaan  Perangkat Daerah  mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan  dan  pelaksanaan  kebijakan  di bidang pembinaan perangkat daerah
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud seksi pembinaan perangkat daerah  mempunyai fungsi :
    1. Perencanaan, bimbingan dan konsutasi penyelenggaraan kearsipan  pada perangkat daerah pada lembaga kearsipan daerah
    2. Sosialisasi dan  penyuluhan kearsipan pada perangkat daerah dan  lembaga kearsipan daerah
    3. Supervisi dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada perangkat daerah dan lembaga kearsipan daerah, dan
    4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya

Seksi pembinaan perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat

  1. Seksi pembinaan perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan  dan  pelaksanaan  kebijakan  di bidang pembinaan perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud seksi Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud seksi Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud seksi pembinaan perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat mempunyai fungsi :
    1. Perencanaan, bimbingan dan  konsutasi pelaksanaan  kearsipan  pada perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat 
    2. Sosialisasi dan  penyuluhan kearsipan pada perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat
    3. Pemantauan,  Supervisi dan evaluasi pelaksanaan kearsipan pada perusahaan, ormas/orpol dan masayarakat, dan
    4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya 

Seksi pengawasan kearsipan

  1. Seksi pengawasan kearsipan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan  dan  pelaksanaan  kebijakan  di bidang pengawasan kearsipan
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud seksi pengawasan kearsipan mempunyai fungsi :
    1. Perancanaan pengawasan kearsipa
    2. Pelaksanaan bimtek pengawasan kearsipan
    3. Pelakasanaan audit kearsipan
    4. Penilian hasil pengawasan  kearsipan
    5. Pelaksanaan monitoing hasil pengawasan kearsipan; dan
    6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya

Bidang Pengelolaan Arsip

  1. Bidang pengelolaan arsip  mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelakasanaan pengelolaan arsip dinamis dan arsip statis.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagimana dimaksud, bidang pengelolaan arsip mempunyai fungsi :

1)         Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan arsip dinamis

2)         Pelaksanaan alih media dan reproduksi arsip dinamis

3)         Penyiapan perumusan bahan kebijakan teknis pengelolaan arsip statis

4)         Pelaksanaan usulan pemusnahan dan akuisisi arsip

5)         Pelaksanaan pengelolaan arsip

6)         Pelaksanaan preservasi dan ;

7)         Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya

  1. Bidang  pengelolaan arsip membawahi :
    1. Seksi pengelolaan arsip dinamis
    2. Seksi akuisisi pengolahan dan preservasi; dan
    3. Seksi layanan dan pemanfaatan arsip

Seksi pengelolaan arsip dinamis

  1. Seksi pengelolaan arsip dinamis mempunyai tugas penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta pengelolaan dibidang arsip dimanis
  2. Untuk menyelenggaraka tugas sebagaimana dimaksud, bidang pengelolaan arsip mempunyai fungsi :
  1. Pembinaan kepada unit pengolah dalam menyampaikan daftar arsip aktif kepada unit kearsipan paling lama enam bulan setelah pelaksanaan kegiatan
  2. Penyajian arsip in aktif untuk kepentingan penggunaan internal dan kepentingan publik
  3. Pemeliharaan arsip in aktif melalui kegiatan penataan dan penyimpanan arsip in aktif
  4. Melakukan pengaturan fisik arsip, pengolahan informasi arsip dan penyusunan daftar arsip in aktif
  5. Pemindahan arsip in aktif di Lingkungan Pemerintahan Daerah dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya

Seksi akuisisi, pengolahan dan preservasi

  1. Seksi akuisisi, pengolahan dan preservasi mempunyai tugas penyusunan bahan perumusan dan  pelaksanaan kebijakan serta pengelolaan di bidang akuisisi, pengolahan dan preservasi
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada seksi akuisisi, pengolahan dan preservasi mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanaan monitoring, penilaian dan verifikasi terhadap fisik arsip dan daftar arsip
    2. Penetapan status  arsip statis
    3. Penyerahan arsip statis
    4. Penyelenggaraan fisik arsip dan daftar arsip
    5. Penataan informasi arsip statis, fisik arsip statis
    6. Penyusunan guide, daftar, dan  inventaris arsip statis
    7. Penataan, penyimpanan, pemeliharaan, dan perlindungan arsip statis
    8. Perawatan dan perbaikan arsip statis serta penyelamatan arsip statis akibat bencana
    9. Alih media dan reproduksi arsip statis
    10. Pengujian autentisitas arsip statis
    11. Penyimpanan, pemeliharaan, dan perlindungan arsip statis
    12. Perawatan dan perbaikan arsip statis serta penyelamatan arsip statis akibat bencana
    13. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya

Seksi layanan dan pemanfaatan arsip

  1. Seksi layanan dan pemanfaatan arsip mempunyai tugas penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta pengelolaan di bidang layanan dan pemanfaatan arsip
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud seksi layanan dan pemanfaatan arsip mempunyai fungsi :
  1. Pelaksanaan layanan arsip dinamis dan statis
  2. Penyajian informasi
  3. Penelusuran arsip statis
  4. Penerbitan naskah sumber arsip
  5. Pelaksanaan pameran arsip statis
  6. Mengelola pengaduan masyarakat; dan
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan  sesuai tugas dan fungsinya.

5.   Kelompok Jabatan Fungsional adalah Arsiparis dan Pustakawan, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas pemerintahan sesuai keahlian dan kebutuhan dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

  1. X.    ANGGARAN (APBD TAHUN 2013 S/D 2018)

Tahun

Total Anggaran (Rp.)

Realisasi Anggaran (Rp.)

Sumber Dana

2013

1.288.839.154

1.247.385.234

APBD II

2014

1.369.880.661

 

APBD II

2015

1.520.377.199

1.420.899.081

APBD II

2016

1.530.752.810,57

1.503.274.990

APBD II

2017

1.335.772.500

 

APBD II

2018

 

 

 

  1. XI.    KEPEGAWAIAN

Jumlah pegawai Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima Keadaan Januari 2017 sebanyak 39 Orang, terdiri dari PNS sebanyak 31  dan Pegawai Honorer sebanyak 8 Orang

Rincian Pegawai PNS

Laki-laki

Perempuan

Pendidikan

Yang sudah Diklat

17 Orang

14 Orang

S2

S1

D3

SMA

=

=

=

=

1 Orang

23 Orang

2 Orang

5 Orang

Diklat PIM III =2 orang

Diklat Pim IV = 1 orang

           

Rincian Pegawai Honorer

Laki-laki

Perempuan

Pendidikan

4 orang

4 orang

S1 = 5 orang

D3 = 1 orang

SMA = 2 orang

 

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima