Kantor Walikota Bima Selengkapnya
Pertemuan Advokasi Kelompok Potensial Sebagai Mitra STBM Digelar
Jum`at, 29 Juli 2016

 

Rilis Berita – Humas Kota Bima
Kamis, 28 Juli 2016

Pertemuan Advokasi Kelompok Potensial Sebagai Mitra STBM Digelar
Dalam upaya menjalin kemitraan dan sosialisasi kebijakan nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM,) Dinas Kesehatan Kota Bima melalui Seksi Penyehatan Lingkungan menggelar Pertemuan Advokasi Kelompok Potensial Sebagai Mitra STBM di Aula Puskesmas Mpunda Kamis (28/7). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bima, Ahmad, S. Sos.

Dalam sambutannya Sekretaris Dikes Kota Bima menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan program yang bersifat lintas sektoral di bidang sanitasi khususnya yang berkaitan dengan penanganan kesehatan di masyarakat, sehingga sasaran dan tujuan yang ingin dicapai dapat terarah dan lebih fokus pada perubahan perilaku dalam masyarakat.

Dijelaskannya bahwa timbulnya berbagai macam penyakit baik menular maupun tidak menular seperti penyakit demam berdarah, malaria dan berbagai penyakit lainnya akibat perilaku hidup masyarakat yang tidak bersih dan sehat, juga kurang pedulinya masyarakat terhadap kebersihan lingkungannya “Melalui pertemuan ini diharapkan ada jalinan kemitraan dengan lembaga pendidikan, organisasi profesi, lintas sektor maupun lintas program ataupun insan pers mendorong kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat dan pentingnya sanitasi total berbasis masyarakat” ujarnya.

Disampaikannya pula bahwa saat ini Kota Bima masuk urutan ketiga penilaian STBM Wilayah NTB. Peringkat ini menurun dari tahun sebelumnya berada di urutan kedua. Hal ini dikarenakan tingkat kepedulian masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat menurun. “Mari kita gaungkan pentingnya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat khususnya mengubah perilaku buang air besar sembarangan (BABS) menjadi buang air besar di jamban yang higienis dan layak” Pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta terdiri dari dinas teknis terkait, lintas program, organisasi profesi, lembaga pendidikan, PNPM, dan MUI dengan narasumber Kepala Bidang P2-PL Dinas Kesehatan, dr. Nuriyah Aziz dan Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Usman, SKM.***(04)

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima