Disbudpar Kota Bima, Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu
Rabu, 27 Juli 2016

Kota Bima-DINAMIKA, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bima (Disbudpar) menggelar pelatihan pemandu wisata terpadu Tingkat Kota Bima tahun 2016. Acara berlangsung di Aula Kantor Walikota Bima pada Selasa Pagi (26/07).

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kota Bima Ir. Zulkifli, M.AP, dan dihadiri pula oleh beberapa kepala SKPD lingkup pemerintah Kota Bima.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pariwisata dengan materi utama yang diberikan yakni konsepsi pariwisata, prosedur pelayanan prima terhadap wisatawan, teknik dan kode etik pemanduan.

Sasaran dari kegiatan ini adalah guide dan anggota/pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-Kota Bima dengan total jumlah peserta sebanyak 40 (empat puluh) orang.

Dalam sambutan Walikota Bima yang disampaikan oleh Asisten II Setda Kota Bima Ir. Zulkifli, M.AP mengharapkan agar pengembangan pariwisata mendapat dukungan penuh dari seluruh stakeholders pariwisata yang terdiri dari pemerintah, swasta, masyarakat termasuk wisatawan.

“Setidaknya ada dua alasan mengapa sektor ini bisa dikatakan potensial, Pertama, Kota Bima terletak di tengah-tengah segitiga emas tujuan pariwisata nasional bahkan internasional, yaitu Bali – Lombok, Komodo, dan Bunaken.

Kedua, kota bima terletak di tepi teluk bima yang pemandangannya indah, asalkan bisa kita kelola dengan baik. Kedua kondisi ini, dan berbagai kegiatan besar yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, menyebabkan meningkatnya arus kunjungan tamu maupun wisatawan ke kota bima”, jelas Ir Zulkifli.

Disampaikannya pula, bahkan beberapa bulan terakhir ini ada banyak event besar yang digelar di Kota Bima, mulai dari hari Ulang Tahun Kota Bima, Kunjungan Presiden RI, hingga deklarasi Anti Terorisme yang dilaksanakan pada Minggu yang lalu. Tentunya ada banyak tamu yang berkunjung ke kota bima terkait berbagai event tersebut.

Tingginya angka kunjungan tamu ini tentunya menuntut macam-macam pelayanan dan fasilitas yang semakin meningkat baik dalam jumlah maupun ragamnya. Dan tersedianya fasilitas harus didukung oleh tenaga SDM pariwisata yang handal, salah satunya adalah pemandu wisata.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk menciptakan tenaga pemandu wisata yang handal di Kota Bima”, pungkas Asisten II Setda Kota Bima.

Dijelaskannya pula, peranan pemandu wisata itu sangat besar dalam membentuk kesan wisatawan terhadap suatu daerah. Jika pemandunya bagus dan menyenangkan, dan akan lebih meningkatkan kunjungan.

Namun sebaliknya, tapi jika pemandunya tidak memuaskan atau tidak sopan, bukan tidak mungkin mereka akan kapok datang lagi. Tidak hanya itu, tugas yang diemban Pramuwisata sebagai frontliner yang sekaligus berfungsi sebagai information agent cukup berat dan perlu mendapatkan perhatian khusus.(Wahyu/JHum)

https://dinamikambojo.wordpress.com/2016/07/26/disbudpar-kota-bima-gelar-pelatihan-pemandu-wisata-terpadu/?fb_action_ids=1180307385362859&fb_action_types=news.publishes 

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima