Kantor Walikota Bima Selengkapnya
Tim Provinsi Nilai Kota Bima dalam Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Tingkat Provinsi NTB Tahun 2016
Senin, 25 Juli 2016

Selasa, 26 Juli 2016

Pada hari Selasa (26/07) bertempat di Kebun Contoh Tanaman Obat (Samping Timur KLK) Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota, Tim Penilai dari Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Penilaian Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tim penilai lomba ini adalah Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Adapun kelompok asuhan yang dinilai pemanfaatan Obat Keluarga adalah kelompok “Taho Kai” Kelurahan Jatiwangi tepatnya di Rt. 10 Rw.04 Kecamatan Asakota.

Dalam lomba ini, Tim Penggerak PKK Kota Bima dibantu oleh instansi lintas sektor tingkat Kota Bima, diantaranya adalah Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian. Tim penilai disambut oleh Walikota Bima yang diwakili oleh Asisten III Setda Kota Bima Drs. Suriadi, M.Pd,. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Pejabat Lingkup Pemerintah Kota Bima, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda wilayah setempat.

Dalam sambutan Walikota Bima yang disampaikan oleh Asisten III Setda Kota Bima Drs. Suriadi MPd menyampaikan bahwa Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan hal yang sangat positif dan bermanfaat untuk dilestarikan. Dihimbaunya pula agar seluruh keluarga harus mampu memanfaatkan lahan sekecil apapun, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang, untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga juga dapat memacu Usaha Kecil dan Menengah di bidang obat herbal dan obat tradisional.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap bisa menggugah minat masyarakat untuk menggali potensi tanaman obat yang kita miliki. Kita punya segudang tanaman yang belum banyak dimanfaatkan, padahal kalau digunakan sangat minim efek samping dibanding obat-obatan kimia”, jelas Asisten III.

Penghargaan juga diberikan atas kepercayaan kepada kelompok “Taho Kai” Kelurahan Jatiwangi sebagai kelompok asuhan yang dinilai dalam lomba TOGA tingkat Provinsi NTB. Disadarinya bahwa meskipun telah menyiapkan diri semaksimal mungkin, namun kekurangan tentu saja akan selalu ditemui. Namun dipastikannya, pemerintah dan masyarakat Kota Bima juga siap memperbaiki segala kekurangan yang ada saat ini untuk masa-masa mendatang.

Diakhir sambutannya, Asisten III Setda Kota Bima menyampaikan ucapan terima kasih kepada para panitia serta seluruh masyarakat Kelurahan Jatiwangi dan seluruh pihak yang telah bersusah payah, bekerja secara bergotong-royong, bahu-membahu, membangun dan mempersiapkan diri untuk dinilai.*** (02)

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima